Tiang utilitas atau karet mempunyai pengertian yakni sebuah tiang yang biasanya dimanfaatkan sebagai penopang kabel jaringan utilitas, yang biasanya digunakan Contohnya seperti pada jaringan listrik, sebagai penerang jalan, bagai jaringan telepon, dan lain sebagainya. Tiang listrik atau tiang utilitas ini biasanya banyak dimanfaatkan orang untuk keperluan atau infrastruktur jalan. Banyak orang menyebut tiang utilitas sebagai tiang listrik, hal ini dikarenakan tiang listrik lebih dominan jika dibandingkan dengan tiang utilitas. Pada umumnya sebuah tiang utilitas atau tiang listrik dibuat dari bahan atau material besi namun juga ada yang terbuat dari beton pracetak.


Kami merupakan distributor supplier tiang listrik yang dapat menjadi langganan anda, kami dapat memuaskan anda dalam hal memilih tiang listrik yang baik serta yang cocok untuk kebutuhan anda. Tiang listrik merupakan salah satu benda yang menjadi saksi sejarah. Tiang listrik memiliki nama lain yaitu tiang utilitas. Bahan yang dipakai untuk pembuatan tiang listrik dapat terbuat dari kayu, baja, ataupun beton bertulang. Namun tiang yang memiliki kekuatan mekanis tinggi merupakan tiang listrik yang terbuat dari baja, tetapi tiang listrik baja memiliki kelemahan yaitu mudah korosi.

Pada sebuah tiang listrik yang awal dan yang akhir dipasang pada permulaan dan akhir penarikan kawat penghantar dengan gaya tarikan dari satu arah. Tiang listrik merupakan salah satu benda atau komponen utama dari konstruksi distribusi saluran udara yang menyangga hantaran listrik beserta perlengkapan lainnya. Tiang listrik harus memiliki sifat kekuatan mekanik yang tinggi, perawatan yang mudah, dan mudah dalam pemasangan konduktor saluran.

Penemu telegraf tersebut membangun sebuah jaringan kabel telegraf dengan panjang 8 mil di Hammer, negara Inggris. Penggunaan sebuah tiang utilitas atau tiang listrik ini semakin berkembang di negara Amerika Serikat. Karena di negara Amerika Serikat yang utilitas atau tiang listrik ini digunakan sebagai bagian dari sistem komunikasi telegraf. Hal ini berawal dari samuel morse yang mengalihkan teknologi membenamkan jaringan kabel telegram pada tiang listrik sepanjang Baltimore dan Washington, D.C.

Manfaat & Kegunaan Tiang Listrik


Manfaat dari tiang listrik yaitu sebagai tempat penggantung kabel kabel listrik, biasanya juga tiang listrik dipasang lampu penerang sehingga dapat menerangi sebuah jalanan atau tempat-tempat di sekitarnya. Tiang listrik ini biasanya juga terpasang bendera-bendera serta poster yang biasanya digunakan untuk media promosi.

Tiang listrik mempunyai kegunaan yaitu sebagai penyangga peralatan tegangan rendah serta tegangan menengah. Pada tegangan rendah tiang listrik berfungsi sebagai penyangga umumnya Twisted kabel yang digunakan untuk menyalurkan tegangan listrik dari gardu distribusi ke konsumen atau masyarakat di sekitarnya. Sedangkan untuk tiang listrik pada jaringan tegangan menengah biasanya berfungsi sebagai penyangga aksesoris material listrik, diantaranya yaitu untuk sebuah pintu insulator, cross arm, konduktor serta aksesoris kecil lainnya. Fungsi lain atau kegunaan lain dari tiang listrik yaitu sebagai pembuat gardu distribusi portal atau gardu portal penyangga transformers hingga 200 kVa. Bagi Anda yang ingin mencari sebuah tiang listrik Anda dapat menghubungi kami di kontak yang sudah tersedia. Kami memiliki beberapa macam tiang listrik menurut ukurannya.

Tiang listrik juga memiliki manfaat yaitu sebagai tempat penggantung kabel kabel dan biasanya juga tiang listrik dipasang lampu penerang sehingga dapat menerangi sebuah jalanan atau tempat-tempat di sekitarnya. Tiang listrik biasanya juga terpasang sebuah bendera-bendera serta yang biasanya digunakan untuk media promosi.

Tiang listrik ini memiliki ketinggian yang berbeda-beda tergantung jenis kabel yang disalurkan. Biasanya untuk perkotaan tiang listrik digunakan sebagai media penerangan jalan, tiang listrik ini biasanya dapat tumbang karena terkena angin atau perubahan cuaca. Kami menyediakan tiang listrik dengan bahan yang berkualitas serta kuat dan kokoh. Kami menyediakan tiang listrik yang tahan terhadap korosi serta perubahan cuaca apapun.

Bagi Anda yang ingin mencari sebuah tiang listrik Anda dapat menghubungi kami di kertas yang sudah tersedia, kami menyediakan tiang listrik dengan bahan yang berkualitas serta kuat dan kokoh.

Daftar Harga & Ukuran Tiang Listrik


Tiang listrik serta beberapa komponen tiang listrik kami tawarkan bagi Anda yang sedang membutuhkan tiang listrik. Yang biasanya banyak digunakan untuk kebutuhan konstruksi, tiang listrik jalan tol, lingkungan industri, pabrik, perumahan, dan lain sebagainya. Tiang listrik merupakan jenis produk yang terbuat dari beton yang sudah dicetak atau beton precast bertulang yang didalamnya tertanam besi sebagai tulangnya, sehingga dapat memperkuat tiang listrik.

Harga dari tiang listrik sangatlah terjangkau serta memiliki beberapa jenis jenis antara lain yaitu tiang listrik penghantar rendah serta tiang listrik penghantar tinggi. Kami menyediakan semua harga tiang listrik serta dilengkapi dengan ukurannya. Bagi Anda yang ingin membeli sebuah tiang listrik Anda dapat menghubungi kami dengan kontak yang sudah tersedia, anda juga dapat mengetahui informasi tentang tiang listrik di situs kami. Harga tersebut dapat berubah sewaktu waktu.

Cara Pembuatan Tiang Listrik Beton


Pertama Anda harus mengaduk pasir semen air yang khusus, kemudian Anda harus menyiapkan sebuah material kawat besi berukuran tertentu yang biasanya digunakan tersebut yang terbentuk dari besi beton, anda juga harus menyiapkan sebuah titik tiang di lokasi yang sudah ditetapkan berdasarkan rencana pembuatan tiang listrik anda.

Langkah selanjutnya yaitu Anda harus membuat lubang serta menanamkan tiang listrik yang sudah jadi tersebut ke dalam tanah minimum harus sedalam 1/6 dikalikan dengan panjang tiang listrik tersebut. Langkah terakhir yaitu penegakan tiang, penegakan tiang biasanya harus ditegakkan tegak lurus atau vertikal dengan menggunakan bantuan Waterparss atau unting-unting serta tiang satu dengan yang lainnya harus lurus segaris, untuk tanah yang lembek biasanya pemasangan tiang listrik diperkuat dengan menggunakan Pondasi yang memenuhi standart konstruksi pembangunan.

Macam-macam Tiang Listrik

Tiang utilitas atau tiang listrik ini memiliki beragam jenis atau macam-macam yang dapat anda ketahui. Jaringan distribusi yang dimanfaatkan untuk sebuah jaringan listrik dengan tenaga listrik ini terbagi menjadi beberapa macam antara lain yaitu sebagai berikut:

Tiang Kayu/Wood Pole

Sebuah tiang kayu ini bisa dimanfaatkan sebagai penyangga jaringan distribusi. Hal ini dikarenakan tiang kayu mempunyai konstruksi yang sederhana serta juga mempunyai biaya investasi yang sangat terjangkau jika dibandingkan dengan tiang jenis yang lainnya. Tiang kayu ini juga tergolong dalam pengikat yang mempunyai penopang saluran udara. Sebuah kayu yang akan dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan tiang kayu yaitu biasanya didapatkan dari jenis kayu tertentu. Negara Indonesia mempunyai berjuta-juta hutan berbagai macam jenis yaitu kayu yang digunakan sebagai jaringan distribusi dari semua jenis kayu seperti Contohnya yaitu antara lain: Kayu ulin, kayu jati, kayu Rasamala, kayu Cemara, dan lain sebagainya.

Tiang Baja (Steel Pole)

Tiang listrik baja merupakan sebuah tiang yang memiliki tipe bulat yang kemudian disambung dengan diameter yang berbeda dari sebuah tiang hingga ujung yang merupakan bahan dasar yang digunakan untuk membuat tiang baja. Pada umumnya ukuran penampang sebuah pangkal lebih besar dibandingkan dengan ukuran penampang untuk bagian atas dari tiang listrik baja. Tiang jenis baja ini lebih sering digunakan jika kita melihat konstruksinya yang lebih lurus dibandingkan dengan tiang kayu, hal ini dikarenakan tiang baja lebih kokoh serta bentuk tiangnya Lebih Indah. Namun dengan ongkos pengiriman dan perawatan tiang baja tersebut lebih mahal.

Tiang Beton Bertulang

Jenis-jenis memiliki harga yang lebih mahal daripada tiang listrik jenis lainnya. Iya Hal ini biasanya dikarenakan sebagai tiang listrik jenis beton bertulang yang dapat dibuat dimana saja salah satunya yaitu dibuat di pinggir jalan. Apabila Anda membutuhkan sebuah tiang listrik beton, anda bisa membeli produk tersebut di perusahaan kami. Karena perusahaan kami memiliki beberapa produk beton serta ukuran dan memiliki harga yang sangat terjangkau.


Jika Anda membutuhkan suatu karet beton, anda dapat membeli karet di perusahaan kami. Perusahaan kami melayani berbagai produk-produk beton lainnya, tidak haya melayani produk beton karet saja. Beberapa produk beton lainnya yaitu antara lain: kanstin, road barrier, U Ditch, box culvert, Pipa Beton, Pagar Panel, Sheet Pile B, Tiang Pancang serta lain-lainnya. Produk kami merupakan produk yang terbaik dan terbuat dari bahan dasar material berkualitas serta dapat juga didukung serta diawasi oleh tenaga kerja yang ahli atau profesional. Perusahaan kami melayani pengiriman produk hingga ke seluruh wilayah Indonesia, namun yang lebih diutamakan yaitu wilayah Jabodetabek.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *